pendaftaran mahasiswa baru tahun 2018

 Kebijakan umum penerimaan mahasiswa baru

STMIK Profesional Tahun 2018

 I. PENDAFTARAN

 Kriteria / Syarat

  1. Lulusan Sekolah Menengah Umum/Atas (SMU/SMA), atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau SLTA sederajat, serta lulusan program Paket C. Bagi yang belum mendapatkan ijazah dapat melampirkan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah.
  2. Bersedia memenuhi biaya pendidikan di STMIK Profesional.
  3. Mendaftarkan diri dan mengembalikan formulir pendaftaran pada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dan membayar biaya pendaftaran ke Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru)

Terdapat dua macam prosedur pendaftaran, yakni prosedur pendaftaran untuk mahasiswa baru dan pendaftaran untuk mahasiswa pindahan/transfer. Kedua macam prosedur yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

(1) Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan Panitia. Pendaftar harus menentukan salah satu pilihan program studi.
  2. Mengembalikan formulir pendaftaran dengan melampirkan:
    • Pas foto terbaru berwarna ukuran 2x3 (12 lembar)
    • Fotokopi ijazah, atau Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir.
  3. Mengikuti aptitude test (menggunakan komputer) sesuai jadwal yang ditentukan

(2) Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Pindahan/Transfer/Alih Program

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan Panitia. Pendaftar harus menentukan salah satu pilihan program studi.
  2. Berasal dari Program Studi yang memiliki nilai Akreditasi minimal sama dengan Program Studi yang dipilih pada STMIK Profesional.
  3. Calon mahasiswa dapat mengkonfirmasi alih kredit (transfer nilai akademik) dan dilakukan konversi oleh tim konversi nilai STMIK Profesional.
  4. Mengembalikan formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    • Fotokopi ijazah terakhir dan transkrip akademik yang diperoleh di Perguruan Tinggi asal dan telah disahkan serta dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
    • Pas foto terbaru berwarna ukuran 2x3 (12 lembar)
  5. Mengikuti ujian wawancara sesuai jadwal yang ditentukan.

II. APTITUDE TES DAN WAWANCARA

Tata Tertib Aptitude test

  1. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu.
  2. Setiap peserta ujian sudah harus berada di tempat ujian paling lambat 15 menit sebelum ujian dimulai dengan membawa Kartu Peserta Ujian, dan menandatangani berita acara ujian.
  3. Toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Tidak diadakan perpanjangan waktu.
  4. Peserta ujian yang terlambat melampaui 15 menit, tidak diperkenankan mengikuti ujian saat itu tapi masuk pada sesi ujian berikutnya.
  5. Selama ujian berlangsung peserta ujian dilarang: menggunakan alat komunikasi, melihat pekerjaan peserta ujian yang lain, berbisik, bertanya kecuali kepada pengawas ujian.
  6. Peserta ujian yang sudah selesai mengerjakan soal ujian sebelum waktu ujian habis, boleh keluar dari ruang ujian seisin pengawas ujian.
  7. Apabila waktu sudah habis, atas perintah pengawas, peserta ujian serentak menghentikan pekerjaannya dan meninggalkan ruangan.

Tata Tertib Wawancara

  1. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu.
  2. Setiap peserta wawancara sudah harus berada di tempat wawancara paling lambat 15 menit sebelum kegiatan dimulai dengan membawa Kartu Peserta Wawancara, dan menandatangani berita acara wawancara.
  3. Wawancara dapat dilakukan sesaat setelah aptitude tes dilaksanakan.

III. PENETAPAN KELULUSAN

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian aptitude jika mampu menjawab benar 70% atau lebih soal-soal aptitude test, atau memiliki motivasi kuat untuk belajar sejalan dengan visi-misi dan tujuan STMIK Profesional. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wawancara jika motivasi belajarnya sejalan dengan visi-misi dan tujuan STMIK Profesional.  Penetapan kelulusan disampaikan setelah wawancara, dan diumumkan menyeluruh secara resmi pada akhir masa pendaftaran tiap gelombang, berupa daftar yang di pasang di papan pengumuman kampus, website atau calon dapat melakukan konfirmasi melalui telephone ke PMB.

IV. PEGISTRASI

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, wajib menandatangi surat pernyataan mengenai kesediaan mengikuti tata tertib, dan dapat langsung melakukan registrasi apabila seluruh persyaratan sudah dipenuhi.

V. PEMBATALAN

Mahasiswa baru yang sudah mendaftar ulang dan hendak mengundurkan diri, maka diatur sebagai berikut:

  1. Mengundurkan diri untuk pindah ke perguruan tinggi swasta lainnya, baik di dalam negeri atau di luar negeri, atau karena alasan-alasan lainnya, tidak dapat mengajukan pengembalian biaya yang telah dibayarkan sesuai dengan pernyataan yang tercantum pada Surat Pernyataan Keuangan.
  2. Mahasiswa baru yang mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri (disertai bukti), dapat menarik kembali biaya pendidikan (bukan biaya pendaftaran) yang sudah dibayarkan dengan menyerahkan Bukti Pembayaran asli.

 VI. INAGURASI/ORIENTASI STUDI

Inagurasi atau Orientasi Studi merupakan kegiatan kokurikuler yang bersifat wajib. Orientasi Studi dilaksanakan pada awal ajaran baru. Sebelum masa perkuliahan dimulai, mahasiswa baru diperkenalkan dengan nuansa baru di perguruan tinggi dan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa di STMIK Profesional.

Tujuan inagurasi/orientasi studi

  1. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang norma–norma dan prosedur akademik yang berlaku di STMIK Profesional.
  2. Menghayati Wawasan Almamater.
  3. Mengenal dan memahami penggunaan sarana dan prasarana belajar yang tersedia di STMIK Profesional
  4. Mempererat keakraban dengan sivitas akademika
  5. Sebagai awal pembangunan karakter mahasiswa.