Komputerisasi Akuntansi

Visi

Pada tahun 2019 menjadi Program Studi unggulan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang mampu menghasilkan lulusan yang terampil dalam bidang Komputerisasi Akuntansi dan menjadi pusat pengembangan komputerisasi akuntansi yang mendukung pembangunan Nasional dan Daerah.

Misi

Mengembangkan program studi secara intensif, terencana dan efisien serta mendukung perkembangan pembangunan nasional dan daaerah melalui kegiatan Tri Dharma Pendidikan yang efektif, inovatif, bermutu dan tanggap terhadap perkembangan global dan lokal.

Tujuan umum:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu di bidang Informasi Keuangan berbasis komputer pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan industri
  2. Membentuk kepribadian dosen, staf dan mahasiswa yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab.
  3. Mengembangkan program studi sebagai suatu institusi pendidikan yang unggul dan terpercaya dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan keilmuan, dan berkemampuan professional yang mendukung pembangunan nasional dan daerah.

Tujuan khusus:

Menghasilkan  ahli madya komputer dengan kompetensi :

  1. Memiliki integritas kepribadian serta bermental jujur dan bertanggung jawab.
  2. Mampu menangani permasalahan informasi keuangan, memiliki keterampilan mengerjakan siklus akuntansi dengan software yang ada.
  3. Mampu melakukan pemrograman secara terstruktur dan modular dengan beberapa bahasa pemrograman.

Bidang Pekerjaan bagi lulusan Komputerisasi Akuntansi :

  • Accounting Clerks

Posisi ini memiliki tanggung jawab dalam hal hutang  piutang perusahaan, tata buku, dan bertanggung jawab dalam pencatatan transaksi yang terjadi , serta melakukan penghitungan tingkat bunga. Biasanya, transaksi yang terjadi tinggal diinput ke dalam system yang sudah tersedia di dalam perusahaan. Pada prinsipnya, posisi ini bertanggung jawab atas proses pembukuan yang dilakukan, serta akun-akun yang dicatat pada setiap transaksi yang terjadi.

  •  Accounting Receptionist

Posisi ini bisa ditempatkan dalam  kantor-kantor keuangan, jobdesk yang dimiliki antara lain menjawab telepon, menyambut klien yang dating, serta menjadwalkan pertemuan antara klien dan karyawan .

  •  Financial Clerks

Bertugas dalam mengatur catatan keuangan, tagihan pelanggan, dan melengkapi transaksi keuangan. Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab dalam membuat laporan keuangan perusahaan, laporan perpajakan perusahaan, serta membuat anggaran, baik anggaran pendapatan maupun anggaran pengeluaran perusahaan secara periodik.

  •  System Analyst

Posisi ini memiliki tanggung jawab dalam merancang sistem yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Dimulai dengan memahami apa yang menjadi permasalahan dan keperluan bisnis serta user, kemudian dilakukan analisa lebih lanjut untuk memulai perancangan sistem yang akan dikembangkan. Tidak jarang seorang system analyst merangkap sebagai seorang programmer yang juga membuat software sebagai bentuk dari sistem yang ia buat untuk menyelesaikan masalah bisnis tersebut.